Minggu, 06 Maret 2011

3 CARA MENERIMA MUJIZAT

Sebagai umat Tuhan kita harus mengerti prinsip yang Tuhan ajarkan kepada kita.  Jalannya Tuhan tidakbisa dibatasi dengan akal dan logika kita. Logika menyatakan bahwa 2 ditambah 2 sama dengan empat tetapi justru Tuhan mengadakan mujizat dengan memberi makan 5000 orang hanya dengan 5 buah roti dan 2 ekor ikan , bahkan masih sisa sebanyak  12 bakul

Yohanes 6 : 1 - 14
6:1 Sesudah itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias.
6:2 Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia, karena mereka melihat mujizat-mujizat penyembuhan, yang diadakan-Nya terhadap orang-orang sakit.
6:3 Dan Yesus naik ke atas gunung dan duduk di situ dengan murid-murid-Nya.
6:4 Dan Paskah, hari raya orang Yahudi, sudah dekat.
6:5 Ketika Yesus memandang sekeliling-Nya dan melihat, bahwa orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya, berkatalah Ia kepada Filipus: "Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?"
6:6 Hal itu dikatakan-Nya untuk mencobai dia, sebab Ia sendiri tahu, apa yang hendak dilakukan-Nya.
6:7 Jawab Filipus kepada-Nya: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja."
6:8 Seorang dari murid-murid-Nya, yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya:
6:9 "Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"
6:10 Kata Yesus: "Suruhlah orang-orang itu duduk." Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya.
6:11 Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.
6:12 Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang."
6:13 Maka mereka pun mengumpulkannya, dan mengisi dua belas bakul penuh dengan potongan-potongan dari kelima roti jelai yang lebih setelah orang makan.
6:14 Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan-Nya, mereka berkata: "Dia ini adalah benar-benar Nabi yang akan datang ke dalam dunia."


Mari kita melihat bagaiman caranya agar mujizat dapat terjadi dalam kehidupan kita :

1. Mengucap syukur dengan apa yang kita miliki .

Yohanes 6:11 Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.

Tuhan sendiri mengucap syukur atas apa yang ada pada saat itu .  Dia tidak melihat keterbatasan yang mereka miliki saat itu. Mereka membutuhkan jauh lebih banyak di banding hanya 5 roti dan 2 ikan . Tetapi Dia Allah yang Maha Kuasa . Dia sanggup mengadakan yang tidak ada menjadi ada . Apapun yang kita miliki saat ini biarlah kita mengucap syukur didalamnya. Mungkin penghasilan kita tidak seberapa. Jangan seperti murid Yesus yang mengatakan

2. Belajar memberi

Yohanes 6:9 "Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"

Lukas 6 : 38 “ Berilah maka kamu akan diberi ….”

Prinsip memberi harus kita terapkan dalam kehidupan kita . Jika kita rindu diberkati oleh Tuhan , kita harus belajar untuk memberi . Firman Tuhan jelas mengatakan ketika kita belajar untuk memberi , maka disaat itu itulah kita akan menerima berkat dari Tuhan
Belajar seperti anak kecil dia memberi didalam kekurangan dimana dia memberikan bekal dia semuanya tanpa dia berpikir bagaimana kalau dia lapar dan bagaimana dia akan makan tetapi anak lebih memilih taat kepada firman Tuhan maka dia menerima mujizat dimana dia mendapatkan 12 bakul.
Belajar menyisihkan sedikit dari apa yang kita miliki. Walaupun keuangan kita mungkin sudah tidak mungkin lagi untuk memberi , kita tetap harus belajar untuk memberi . Orang yang banyak memberi akan banyak menerima pemberian dari Tuhan . Tuhan tidak akan berhutang kepada umatNya . dia akan semakin memberkati kehidupan kita , ketika kita belajar untuk memberi.

3. Memberi dengan sukacita
Anak kecil ini memberi dengan sukacita maka dia menerima mujizat tapi jangan seperti murid Yesus  yang mengeluh ketika Tuhan menyuruh untuk memberi makan 5000 orang ini dengan memberikan berbagai alasan


Yohanes 6:7 Jawab Filipus kepada-Nya: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja."

Banyak kita tidak mengalami mujizat Tuhan karena kita memberi dengan terpaksa dan sambil mengeluh , tapi kalau kita memberi dengan sukacita maka kita akan mengalami mujizat Tuhan .

II Kor 9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.
II Kor 9:7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

video khotbah